Amien Rais Bikin Video, Kritik Jokowi Bilang tak Ada Kekuasaan yang Abadi

Amien Rais

TOPMETRO.NEWS – Amien Rais kembali bikin video yang diposting di Twitter. Pentolan Partai Ummat ini pun masih memprotes pemerintah.

Amien Rais yang mengkritik pemerintahan Presiden Jokowi, kini beredar luas di media sosial. Sosok tokoh reformasi yang sempat disematkan kepadanya menyebut kekuasaan tiada yang abadi.

Amien Rais menjelaskan kehidupan manusia bagai roda pedati yang terkadang di bawah berputar lagi sampai ke atas. Jadi pemerintahan ini, katanya, tak ada yang abadi.

BACA JUGA | Rekomendasi Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Ketika Liburan ke Qatar

Seperti dilansir TOPMETRO.NEWS dari cuitan @realAmienRais di Twitter pada Kamis 27 Juli 2023.

“Pak Jokowi, tentu kita sebetulnya orang Indonesia etnis Jawa, sejak SD jika kita sering nonton wayang kulit kita dikenalkan dengan rumus Cokro Manggilingan,” sebut Amien Rais yang juga mantan Ketua MPR ini.

Dalam video berdurasi 1 menit 51 detik itu, Amien Rais menambahkan, kehidupan manusia bagaikan roda pedati yang terus berputar.

BACA JUGA | Kecelakaan Maut di Dompu, Sekeluarga Tewas, Ada Korban Terseret Sampai 10 Kilometer

“Yang dibawah bergulir ke atas, yang dari atas kemudian ke bawah, demikian seterusnya. Tidak ada satu pun kekuasaan yang lestari dan langgeng. Tolong ini digarisbawahi,” katanya.

Amien Rais yang pernah berjanji berjalan kaki dari Jakarta-Yogyakarta bolak balik dengan cara engklek menjelaskan setiap kekuasaan sudah ada ‘time table’ jadwal waktu yang diatur Allah Yang Maha Esa. Setelah naik pasti turun.

“Ini sunnatullah yang tidak bisa dibantah oleh ribuan profesor bothak atau ribuan penguasa zolim dari zaman ke zaman. Jadi hentikan cawa cawe Anda demi ini dan itu. Indonesia raya itu mas Jokowi adalah milik seluruh bangsa Indonesia tanpa kecuali,” katanya lagi.

BACA JUGA | Darma Wijaya Diajukan Menerima Pin Emas

Jadi, sambungnya, bukan milik kakek nenek seseorang atau sebuah keluarga, organisasi, partai politik. “Saya harap pak Jokowi, nanti Anda turun panggung sesuai jadwal konstitusi. Tidak usah rungeh, tak usah berpikir ngelantur. Hormati konstitusi, titik.”

Dia mengaku dirinya membuat video singkat itu bukan tanpa pamrih.

“Ada yang saya pamrihkan. Jadi pamrih saya sederhana. Jokowi jangan buat gaduh lagi. Serahkan tokoh lain yang dipilih rakyat Indonesia nanti supaya berkhikmat 100 persen untuk bangsa dan rakyat Indonesia yang jauh dari kepentingan asing darimana pun datangnya.”

BACA JUGA | Transgender Rikkie Valerie Kolle Berdarah Indonesia-Belanda Juarai Ajang Miss Netherland 2023

Warganet yang menyaksikan video ini justru memberi perbandingan terbalik. Sebagian besar diantara mereka justru berharap Amien Rais diusia yang tak muda lagi sejatinya memberi kesejukan.

“Siang mlm yg ada dlm kepalamu hanya jokowi..min..min..engklek..piye engklek..? Ingat umur min..didunia ini tdk ada yg abadi..kau semakin tua..mestinya membawa kesejukan bg bangsa ini min..min,” kata Abah Adma di kolom komentar.

Netizen bernama Negeriku sempat heran Jokowi habis masa jabatan, tapi mengapa Amien Rais yang sewot.

BACA JUGA | Suami Jangan Tertipu, Perhatikanlah Tanda Wanita Klimaks Bercinta

“2024 masa bakti pak Jokowi sudah habis knp kok jd sewot Mbah pake narasi tidak ada kekuasaan yg abadi..Mbah ngelindur ya?,” sindirnya.

Komentar menohok lainnya juga disampaikan Emil Krisboediono.

“Sampeyan dari dulu dibawah dan malah jadi gelandangan politik, mbah. Malah mlakumu wis koyo bebek lumpuh.”

BACA JUGA | Tak Mau Kalah dengan Induk, Laba UUS BTN Meroket Dekati 50 Persen

Reaksi yang tak kalah pedas dilontarkan Mardi Siswoyo dalam dialek Jawa.

“Min amin cangkemu ngoceh empuk persis singkong godok tp pahit rasanya. Mending sadar diri min, inget usia udah bau tanah, bila mana ajal menjemput, anda juga gk membawa jabatan, kecuali ucapan dan perbuatan perilakumu,” jelasnya.

Amien Rais yang belakangan dikenal selalu mengkritik pemerintah sampai kini masih terus dibanjiri komentar.

reporter | dpsilalahi

Related posts

Leave a Comment